Jika Anda terlibat dalam memimpin pujian dan penyembahan dalam masyarakat yang tidak kebarat-baratan, Anda mungkin menghadapi pertanyaan apakah Anda harus mengubah gaya penyembahan Anda agar sesuai dengan budaya Anda. Sebagian besar gaya memimpin penyembahan sangat dipengaruhi oleh gereja di negara maju, dan jika Anda berada di negara berkembang, penting bagi Anda untuk tidak mereproduksi apa yang Anda dengar di CD penyembahan, tetapi mulailah memimpin penyembahan dalam budaya Anda sendiri.

Memimpin Pujian dan Penyembahan adalah Tentang Tuhan

Bertentangan dengan apa yang mungkin Anda yakini, memimpin di negara berkembang bukanlah tentang membuat gereja Anda kebarat-baratan! Memang, ada banyak lagu penyembahan yang indah yang telah diproduksi dengan indah oleh Gereja Barat, dan sangat menggoda untuk memainkan dan menyanyikan lagu-lagu itu dengan cara yang persis sama seperti yang Anda dengar dalam rekaman, tetapi saya tidak percaya bahwa inilah yang seharusnya. selesai.

Memimpin ibadah gereja adalah tentang mengarahkan orang kepada Tuhan, dan saya percaya bahwa Tuhan ingin bertemu orang-orang di mana mereka berada dan dalam budaya mereka sendiri untuk mempengaruhi kehidupan mereka. Jika kita terus menggunakan musik sebagai alasan untuk memperkenalkan budaya Barat, dan kita menyampaikan kepada orang-orang bahwa Tuhan memerintahkan kita untuk beribadah secara eksklusif, cara bangsa-bangsa maju. Jika Anda adalah pemimpin pujian dan penyembahan, ini adalah kesempatan Anda untuk menunjukkan kepada orang-orang bahwa Tuhan relevan bagi mereka dalam budaya mereka.

Memimpin Pujian dan Penyembahan adalah Tentang Rakyat

Saat saya menulis artikel ini, saya sedang baca surat Yasin duduk di sebuah ruangan di timur laut India, di mana orang-orang India yang cantik ini menyanyikan lagu-lagu yang saya kenali tetapi dalam bahasa mereka sendiri. Beberapa lagu dalam bahasa Inggris, tetapi banyak di antaranya dalam bahasa yang paling dimengerti orang, dan ini adalah bagian dari pujian dan penyembahan terkemuka dalam budaya Anda sendiri. Gaya musik dan penyembahan ini, bagaimanapun, tidak akan keluar dari tempat di gereja Amerika, Inggris atau Australia mana pun, dan dengan cara ini saya merasa bahwa pemimpin penyembahan itu disesatkan.

Salah satu kesulitan besar yang dihadapi gereja awal dan abad pertengahan adalah bahwa banyak dari tulisan asli dalam bahasa Latin, bahasa yang tidak digunakan oleh orang awam! Betapapun indahnya sebuah lagu penyembahan, jika orang-orang tidak memiliki pemahaman tentang makna di baliknya, praktis tidak ada gunanya! Jika Anda adalah pemimpin pujian dan penyembahan dan Anda ingin menjadikannya relevan dengan budaya Anda, salah satu langkah pertama adalah menerjemahkan kata-kata itu ke dalam bahasa yang akan dimengerti orang-orang Anda.

Memimpin Pujian dan Penyembahan adalah Tentang Mengekspresikan Budaya Anda

Namun, penyembahan yang memimpin dalam budaya Anda sendiri perlu melampaui sekadar kata-kata. Sebagian besar budaya memiliki cara khusus untuk mengekspresikan diri mereka secara musik, dan saya percaya itu membawa sukacita besar ke hati Tuhan ketika Dia mendengar orang-orang menyembah menggunakan instrumen budaya mereka sendiri dalam gaya budaya mereka sendiri. Entah kenapa, pemujaan itu sepertinya selalu ingin membuat suara lebih Barat, daripada merangkul musik dan gaya budaya mereka sendiri. Mungkin ada mistik budaya Barat, tetapi ketika Anda memimpin pujian dan penyembahan, Anda memiliki kesempatan luar biasa untuk memadukan suara Barat dengan instrumen dan gaya budaya Anda sendiri!

Jadi, jika Anda memimpin penyembahan di gereja Anda, dan jika Anda tinggal di Afrika, Eropa Timur, Asia, India, dan Amerika Selatan, cobalah dan ekspresikan budaya Anda sendiri dalam penyembahan Anda. Ini akan membawa banyak sukacita di hati Tuhan, dan juga bagi orang-orang Anda dan negara Anda. Musik barat memang menarik, terutama bagi anak muda, saya sarankan menyalahkan dua gaya budaya sendiri dengan musik Barat untuk menciptakan ekspresi unik dari penyembahan Tuhan.

Jika Anda memimpin pujian dan penyembahan, Anda berada dalam posisi yang sempurna untuk memadukan kata-kata dan gaya musik untuk menciptakan bentuk penyembahan yang unik bagi budaya Anda.